Bagaimana Cara Cek IMEI Di Handphone Kamu ?

Cara Cek IMEI di Handphone – Mulai tanggal 18 April pemerintah telah menerapkan aturan pengendalian mengenai IMEI (International Mobile Equipment). Hal ini bertujuan untuk menekan beredarnya penggunaan ponsel ilegal di Indonesia yang dapat menimbulkan kerugian bagi negara.

Memiliki sebuah ponsel dengan kualitas yang baik dan juga orisinil dan bukan produk ilegal tentu menjadi harapan banyak orang.  Nah apabila anda salah satu orang yang khawatir dengan keaslian produk HP yang kalian miliki, Ada kabar bahwa kementrian perdagangan bekerja sama dengan kementrian komunikasi serta provider selular di indonesia telah bekerja sama memakai IMEI untuk melihat asli atau tidaknya sebuah HP.

Daftar isi

Apa itu IMEI ?

IMEI merupakan singkatan dari The International Mobile Station Equipment Identity, yang memiliki arti identitas dari setiap perangkat yang telah dirilis oleh vendor atau pembuatnya.

Hal ini merupakan salah satu upaya untuk menekan peredaran HP ilegal/Black market yakni dengan cara melakukan pemblokiran sinyal Hp dengan melihat IMEI suatu ponsel. Semakin canggih sebuah teknologi seluler dan memiliki merek yang terkenal.

Banyak oknum-oknum nakal yang yang menciptakan tiruan/replika Hp mahal untuk di jual dengan harga yang sangat murah demi keuntungan pribadi, hal ini sangatlah merugikan bagi negara dan orang yang tidak tahu akan keaslian ponselnya. Nah apabila anda ingin tahu Bagaimana cara mengecek keaslian HP yang anda miliki silahkan simak ulasan di bawah ini.

Cara Cek IMEI

  1. Pertama pastikan bahwa HP anda dalam kondisi menyala.
  2. Kemudian ketik nomor dial *#06# tombol HP anda.  
  3. kemudian tekan tombol panggil, secara otomatis nomor IMEI  akan tampil pada layar HP anda.

Nah untuk mengetahui keaslian sebuah HP samakan nomor Imei tadi dengan nomor yang terdapat pada kardus HP anda atau dengan nomor yang terdapat pada body HP anda.

Cara Cek Kode IMEI di body HP

  1. pertama-tama matikan Hp And.
  2. kemudian buka tutup belakang/backdoor HP dan lepaskan baterai handphone maka anda akan melihat nomor di body ponsel anda.

Pastikan nomor yang tertera pada body tersebut sama dengan IMEI yang anda cek tadi ? Apabila orisinil berarti HP anda merupakan HP asli. Dan apabila nomonrya tidak sesuai dapat dipastikan bahwa handphone anda merupakan hasil dari modifikasi dan palsu. 

Demikian tips yang dapat saya sampaikan Cara Cek IMEI di Handphone Kamu. Semoga postingan ini bermanfaat dan membantu anda mengatasi permasalahan anda.

Bagikan artikel ini ke sosial media yang kamu miliki supaya lebih berguna dan bermanfaat.

Sekian dan terimakasih!!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *